4 Desain Rumah 2 Lantai Minimalis Sebagai Referensi Untuk Anda

arsitekterbaik.com – Budget terbatas bukan berarti menghalangi Anda untuk membangun tempat tinggal yang nyaman. Faktanya ada banyak sekali bentuk hunian sederhana tapi memiliki tampilan elegan nan modern yang dapat Anda aplikasikan. Salah satunya ialah desain rumah 2 lantai minimalis di mana banyak sekali masyarakat kota besar yang memakainya.

Konsep Desain Rumah 1 Lantai untuk Hunian Anda
Konsep Desain Rumah 2 Lantai untuk Hunian Anda

Menggunakan rancangan 2 lantai bukan tanpa alasan, karena selain budget terbatas alasan lainnya juga dari segi lahan yang tak memungkinkan untuk didirikan tempat tinggal luas nan megah. Dibanding desain rumah 1 lantai, bentuk tempat tinggal tersebut lebih disukai karena memiliki sejumlah keunggulan, salah satunya jumlah ruang kamar yang bisa lebih banyak.

Referensi Untuk Hunian Minimalis 2 Lantai

Setidaknya ada 4 jenis yang kerap kali dipakai oleh masyarakat saat mereka akan membangun tempat tinggal minimalis, berikut adalah penjelasannya!

Hunian dengan Tipe 36

Apabila dicermati, rancangan tipe 36 bisa dibilang merupakan hasil pengembangan dari rancangan 1 lantai. Umumnya untuk luas bangunannya sendiri pada bagian atas pun tidak lebih dari bagian dasarnya. Rancangan ini sangat sesuai apabila ada pertambahan anggota keluarga, selain itu fokusnya memang pada warna, tekstur, dan material.

Tampilan eksterior serta interiornya dibuat sesederhana mungkin tapi tetap memberi kesan elegan serta modern. Tipe satu ini memberikan ruang gerak cukup leluasa pada para penghuni, tapi pastinya juga ada pertimbangan biaya yang tak terlalu menguras kantong.

Hunian Sederhana dengan Tipe 6×12

Pada rancangan tipe 6×12, Anda boleh sedikit melakukan penambahan pada bagian belakangnya. Memang tak cukup luas, tapi untuk mengakali hal itu bisa menggunakan ide yaitu membiarkan beberapa ruang tidak memakai dinding pembatas. Tanpa ada dinding pembatas maka bagian dalam akan terlihat sedikit lapang dan tidak sempit lagi.

Hunian Sederhana Bertipe 45

Dapat dikatakan bahwa bentuknya hampir serupa dengan tipe 36, tapi tentu saja pada ukuran ruangannya dibuat agak lebar demi memberikan kesan luas. Dalam rancangan satu ini, setiap sudutnya akan dibuat seberfungsi mungkin walaupun area di dalamnya cukup sempit. Namun, tetap tidak meninggalkan kenyamanan bagi para penghuni agar bisa bergerak secara leluasa.

Hunian Sederhana Bertipe 6×9

Dibandingkan dengan tipe 6×12 bentuk ini justru lebih kecil, tapi jika dibandingkan bersama tipe 36 dan 45, justru sedikit lebih besar lagi. Perlu Anda cermati dalam tata layout setiap ruangan, agar kesan lapang dari bentuk hunian tersebut semakin terasa bagi para penghuni maupun tamu yang berkunjung. 

Sekali lagi, untuk mensiasati supaya terkesan luas dapat menciptakan ruang tanpa sekat, juga demi menyamankan setiap pergerakan dari anggota keluarga supaya tidak berdesakan.

Baca Juga : 10 Hiasan Dinding Ruang Tamu yang Bisa Anda Pilih untuk Menghias Ruangan

Memiliki tempat nyaman bukan semata dari mewah dan megahnya hunian tersebut, tapi dari segi pengaturannya. Jadi, meski sederhana sekalipun bisa dibuat nyaman dengan teknik desain rumah 2 lantai minimalis tertentu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *