4 Gambar Rumah Adat Betawi yang Wajib Anda Tahu!

arsitekterbaik.com – Siapa yang tidak mengenal film tanah air Si Doel yang dulu hingga sekarang masih sangat populer. Seringkali, film ini menyorot hunian Doel khas betawi. Gambar rumah adat betawi memberikan ciri khas kehidupan orang Jakarta yang kental di dalam film tersebut.

4 Gambar Rumah Adat Betawi yang Wajib Anda Tahu!
4 Gambar Rumah Adat Betawi yang Wajib Anda Tahu!

Orang betawi merupakan orang Jakarta tulen atau asli dari berbagai percampuran suku mulai dari Jawa, Bugis, Bali, Melayu, Sunda sekaligus keturunan Indo-Portugis. Penduduk tersebut umumnya pemeluk agama islam taat. Namun, suku Betawi tetap terbuka dan toleransinya tinggi terhadap agama lain. Namun, semakin lama proses urbanisasi menggerus kelestarian kebudayaan khas Jakarta salah satunya Kabaya.

4 Gambar Rumah Adat Betawi yang Perlu Dilestarikan Eksistensinya

Rumah adat Kebaya sudah dicatat secara resmi serta populer. Sebenarnya, hunian adat Jakarta terdapat 4 macam diantaranya, Gudang, Bapang atau Kebaya, Joglo dan Panggung, berikut ulasannya.

  1.     Rumah Gudang

Meskipun gambar rumah adat Betawi jarang terlihat di berbagai media, bangunan tradisional ini berbentuk persegi panjang. Karakteristik bangunan memanjang mulai dari bagian depan hingga belakang. Bagian atap huniannya memang terlihat seperti pelana perisai maupun kuda dengan bagian muka bangunan terdapat atap berukuran kecil.

  1.     Hunian Bapang atau Kebaya

Karakteristik rumah adat memiliki serambi luas dipakai untuk ruang tamu sekaligus bale. Fungsi bale tersebut sebagai tempat bersantai bagi penghuni. Ruangannya memang sedikit terbuka atau semi dengan adanya teras yang dibatasi oleh pagar 80 cm.

Pada umumnya, lantai di muka tanah lebih tinggi sekaligus terdapat tangga yang dibuat dari batubata dan disemen sebanyak 3 tangga. Fungsi anak tangga tersebut sebagai jalan keluar masuk menuju maupun keluar dari hunian.

Bangunan ini memiliki bentuk kotak simpel atau persegi dengan keseluruhan sisinya sama. Karakteristik bangunan ini memang dapat terlihat dari bentuk atapnya terdiri atas beberapa pasang atap. Tetapi, bangunan tersebut dilihat dari samping berlipat-lipat mirip lipatan kebaya.

  1.     Hunian Joglo

Gambar rumah adat betawi ini lebih mirip dengan hunian adat jawa timuran. Bentuk bangunan ini persegi atau bujur sangkar. Bentuk bangunan lebih banyak mendapatkan pengaruh dari bangunan adat jawa.

Namun, letak perbedaannya pada hunian joglo jawa memiliki tiang utama penopang pada atap. Tiang tersebut dimaksudkan untuk pengarahan pada pembagian ruang, sedangkan Joglo Jakarta tidak terdapat sooko guru.

Selain itu, pembagian ruangannya tidak terlalu jelas. Tiang penopang atap pada bangunan Joglo Betawi bukan unsur paling utama untuk membagi ruangan pada denah.

  1.     Bangunan Panggung

Bangunan panggung model ini lebih banyak digunakan untuk orang Jakarta pesisir. Pada umumnya, bahan dasar pembuatan hunian panggung dari material kayu. Bentuk  bangunan ini juga dibuat bertujuan sebagai pengaman terhadap air pasang.

Terdapatnya ragam hias ada di bagian hunian tradisional Jakarta memiliki bentuk simpel seperti ukiran kayu, motif geometris seperti segi empat, belah ketupat segitiga serta lain sebagainya. penerapan corak motif terletak pada lubang angin, jendela, kusen, dinding dan lain sebagainya.

Baca Juga : 8 Tahapan Cara Membuat Denah Rumah Sesuai Keinginan

Tidak semua gambar rumah adat betawi muncul serta sering disorot. Meskipun demikian, keberadaannya harus dijaga dan dilestarikan. Pada umumnya hunian tradisional ini lebih mengutamakan aksen dekorasi yang menjadi ciri utama.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *