7 Tips Membuat Taman Depan Rumah Sederhana

arsitekterbaik.com – Perencanaan dalam membuat taman depan rumah sederhana pada lahan yang sempit memang menjadi suatu kendala tersendiri di dalam membuat desain arsitekural. Padahal sebuah taman di wilayah perkotaan menjadi kebutuhan utama untuk mengatasi masalah polusi. 

7 Tips Membuat Taman Depan Rumah Sederhana
7 Tips Membuat Taman Depan Rumah Sederhana

Oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana cara membuat desain taman dengan memanfaatkan lahan yang sempit.

Tips Desain Taman Depan Hunian Minimalis Dengan Lahan Sempit

  • Memanfaatkan teras rumah sebagai taman

Rumah dengan ukuran 6 x 15 m2 merupakan salah satu bangunan rumah di lahan sempit, sehingga kebutuhan ruangan yang ada pun menjadi terbatas. Dalam hal ini, maka arsitek perancangnya harus berpikir bagaimana cara memanfaatkan sebagian teras rumah untuk dibuat taman. Taman tersebut memiliki banyak biopori sehingga dapat berfungsi maksimal sebagai resapan air.

  • Mempercantik carport menggunakan rumput hijau

Agar halaman tampak indah, maka Anda bisa mempercantik bagian carport dengan rumput hijau. Selain itu juga bisa ditanami dengan pohon Tabebuia atau Golden Trumpet. Pohon tidak hanya berfungsi sebagai resapan air, namun juga untuk menambah keindahan taman agar tampil lebih cantik.

  • Menata tanaman dengan rapi

Taman di halaman rumah berperan penting karena akan memberikan tampilan rumah menjadi lebih cantik dan  menarik. Selain itu, taman juga mampu mencerminkan kepribadian si pemilik rumah. 

  • Taman minimalis di dalam rumah

Taman yang berada di depan rumah berbeda dengan taman di dalam rumah, dimana jenis tamanan yang ditanam juga berbeda dan membutuhkan perawatan khusus. Sebelum mendesain taman, maka harus ada perencanaan dari awal, mulai dari pencahayaan, sirkulasi udara hingga penghawaan.

  • Taman minimalis di bagian belakang rumah

Taman ini tidak hanya berfungsi untuk mempercantik halaman belakang rumah. Namun taman yang tidak terlalu luas juga mampu sebagai pencahayaan yang baik serta sirkulasi udara. Sebaiknya Anda memilih jenis tanaman yang mudah perawatannya dan menghasilkan banyak oksigen.

  • Taman kering atau courtyard

Bisanya masyarakat modern memiliki kendala dalam mengurus tanaman dan juga keterbatasan lahan. Jadi Courtyard menjadi solusi terbaik untuk mengatasi permasalan tersebut. Anda membutuhkan taman dengan jenis tanaman yang perawatannya tidak terlalu intens. Selain itu, Anda sebaiknya juga memilih jenis tanaman yang tahan banting. 

  • Mempercanik teras rumah 

Untuk mempercantik teras rumah, Anda bisa meletakkan kursi panjang dengan lapis kayu  model menggantung di bagian tembok. Tujuannya yaitu untuk mempercantik taman minimalis di rumah Anda. 

Baca Juga : Model Pintu Rumah Minimalis Terkini yang Mewah dan Elegan

Dengan menerapkan tips membuat taman depan rumah sederhana di atas, maka Anda akan mendapatkan taman minimalis yang cantik dan alami. Untuk menambah kesan alaminya, Anda bisa menambahkan dengan batu alam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *