7 Tips Memilih Ukuran Keramik Kamar Mandi yang Tepat

arsitekterbaik.com – Dalam merancang susunan dan ukuran keramik kamar mandi dapat mempermudah dalam proses penyusunan, penempatan sampai dengan menentukan jenis peralatan apa saja yang akan dibutuhkan. Perencanaan yang kurang maksimal akan mempengaruhi kualitas yang didapatkan menjadi kurang sempurna. 

7 Tips Memilih Ukuran Keramik Kamar Mandi yang Tepat
7 Tips Memilih Ukuran Keramik Kamar Mandi yang Tepat

Untuk hasil yang baik, Anda bisa menerapkan 9 tips memilih keramik yang akan di ulas dalam artikel kali ini. 

Tips Menentukan Keramik Kamar Mandi 

Agar mendapatkan hasil yang baik, maka keramik menjadi elemen paling penting yang harus diperhatikan. Memilih ubin

 yang tepat akan sangat berpengaruh pada hasil akhir. Berikut ini beberapa tips yang wajib Anda terapkan!

  • Membuat perencanaan secara matang

Agar hasilnya sempurna, maka Anda harus merencanakan untuk setiap detailnya dengan sangat rinci. Di dalam ruangan tersebut apakah Anda menginginkan shower, bathup atau keduanya. Semuanya harus direncanakan di awal dengan matang. 

Selain itu, listrik, rak, letak cermin hingga penyedot udara juga harus dipersiapkan dari awal. 

  • Pastikan kembali ukuran keramik yang akan digunakan

Kesalahan memilih keramik merupakan kesalahan yang sering kali terjadi. Jadi untuk menghindari masalah tersebut, sebaiknya Anda membeli samplenya terlebih dahulu dan mencoba menempelkannya terlebi dahulu. Setelah itu, coba rendam keramik tersebut untuk memastikan dari segi kualitasnya. 

  • Menyusun keramik dari arah atas ke lantai

Terkadang dalam menyusun lantai memerlukan ubin yang terpaksa harus dipotong. Hal ini tujuannya untuk mengisi bagian celah anatara lantai dan tembok ruangan yang satu ini.

Jika Anda menyusun keramik dari bagian atas, maka akan lebih mudah untuk memotong celah pada bagian bawah. Sebelum menyusunnya, sebaiknya pastikan untuk membuat desainnya terlebih dahulu.

  • Hati-hati dalam memasang keramik di dekat pintu dan jendela

Menyusun keramik di dekat pintu dan jendela dibutuhkan kehati-hatian. Karena pekerjaan ini lumayan rumit untuk hasil sempurna. Anda harus pastikan untuk sistem waterproof yang akan diaplikasikan  harus di desain secara baik untuk menghindari air masuk ke dalam bingkai jendela atau ke dalam keramik.

  • Saluran air harus diperhatikan

Hal lain yang harus diperhatikan lagi yaitu penempatan saluran air. Jika Anda sudah menentukan posisi yang tepat, maka sebaiknya dilakukan percobaan terlebih dahulu. Sehingga Anda bisa melihat apakah saluran air tersebut sudah bisa digunakan dengan baik. 

  • Selekif dalam pemasangan

Memanfaatkan keramik dengan batu alam mampu menyempurnakan tampilan. Sebelum proses penyusunan, maka Anda bisa melakukan percobaan terlebih dahulu pada sebuah papan dan biarkan mengering sempurna. 

  • Detail mampu mengubah tampilan

Untuk menghasilkan ruangan yang rapi, mulus dan sempurna maka dibutuhkan pengerjaan dalam setiap detailnya. Misalnya saja jika Anda menggunakan desain keramik yang berbeda untuk memisahkan antara area kering dan shower.

Baca Juga : 5 Inspirasi Bentuk Taman Kecil Depan Rumah Agar Tampak Asri

Dengan menerapkan 7 tips memilih ukuran keramik kamar mandi di atas, maka Anda akan mendapatkan hasil lebih rapi dan sempurna.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *