8 Tahapan Cara Membuat Denah Rumah Sesuai Keinginan

arsitekterbaik.com – Desain rumah dirancang melalui berbagai tahapan  seperti, analisa kebutuhan, lahan, konsep desain hingga pengembangannya. Sebenarnya, cara membuat denah di rumah di lahan sempit tidak jauh berbeda dibandingkan pada bangunan lain. Setiap ruangannya perlu digambar secara jelas.

Apabila keseluruhan tahapan mampu diselesaikan secara baik, maka sebuah peta dapat digambarkan dan bermanfaat untuk tahap pembangunan bangunan.

Bagaimana Cara Membuat Denah Rumah Sesuai Keinginan?

Terdapat beberapa hal yang perlu digambarkan adalah perbandingan ukuran sebenarnya, tinggi lantai, keterangan ukuran, tata letak bukaan pintu maupun jendela, perletakan struktur, pilihan furniture, bahan material, vegetasi dan lainnya.

Bagi Anda membutuhkan referensi untuk membuat tata letak rumah minimalis, maka perlu mengetahui memhamai gambar, sekaligus cara pembacaan tata letak ruang hunian pada lahan sempit ini seperti:

  • Meletakkan Gambar Denah di Lahan atau Tapak

Peletakkan gambar peta pada lahan di luar bangunan dapat membantu mempermudah untuk mengenali secara detail letak tiap ruangan. Selain itu, Anda mampu menghubungkannya dengan area yang ada di luar bangunan.

  • Pemberian Nomor di Setiap Tiang Struktural

Cara membuat tata letak rumah dengan memberikan penomoran di setiap tiang struktural. Hal tersebut dapat memudahkan untuk menggambarkan potongan bangunan dan pekerjaan dalam pelaksanaan pembangunan.

  • Penulisan Keterangan Ruang pada Ketinggian Lantai

Cara pembuatan peta juga perlu melakukan penulisan keterangan nama dan ketinggian terhadap titik acuan berkisar kurang lebih 0.00. Hal ini dilakukan agar mampu mengetahui letak perbedaan elevasi lantai pada tiap ruang, sekaligus memudahkan pengerjaan bangunan.

  • Pemberian Judul di Tiap Gambar, Penambahan Skala dan Arah Utara

Pemberian judul, skala serta orientasi utara wajib tercantum dalam denah. Hal ini memudahkan Anda untuk membaca peta hunian secara tepat serta tidak beresiko salah tafsir.

  • Penggambaran Bagian Bukaan Seperti, Pintu, Jendela, dan Lainnya Secara Spesifik

Pembuatan tata letak rumah perlu memperhatikan setiap detail dari bukaan yang dibuat. Hal ini dilakukan agar model hunian impian dapat terwujud sesuai keinginan.

 

Selain itu, pengetahuan mengenai konsep terhubung dari berbagai komponen menjadikan hunian lebih nyaman, misalnya Anda membuat konsep rumah modern, natural sekaligus terbuka dengan adanya pintu lipat dari berbagai ruang.

  • Melengkapi Bagian Fixture serta Furniture Sesuai Tata Letak Sesungguhnya

Sebelum Anda membuat denah selalu perhatikan penempatan furniture maupun fixture sesuai dengan letak sebenarnya. Hal ini penting agar peta dibuat tidak rancu dengan lokasi sudah ditentukan.

  • Pembedaan Dinding Bata Penuh dan Setengah Penuh

Anda perlu membedakan antara komponen peta secara detail sekaligus tepat salah satunya penggambaran dinding. Pembuatan denah dengan informasi detail mampu membantu pihak pengembang untuk membuat bangunan sesuai harapan. Penggambaran dinding bata penuh harus dibedakan dengan dinding bata setengah.

  • Penggambaran Garis Potongan

Pemakaian garis potongan diikuti dengan arahnya di dalam peta dapat memudahkan proses penggambaran sekaligus memahami gambar potongan yang akan Anda buat. Hal ini perlu dilakukan agar memudahkan pembuatan rancangan peta bangunan dibuat.

Baca Juga : Konsep Desain Rumah Minimalis 1 Lantai

Cara membuat denah rumah dapat membantu proses perancangan bangunan yang diinginkan. Maka dari itu, proses pembuatan secara detail dan rinci memudahkan untuk mencapai tujuan diharapkan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *