Batu Alam Untuk Dinding Rumah Recommended

arsitekterbaik.com – Bahan material yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai bahan bangunan yaitu batu alam. Terutama digunakan untuk proses finishing atau tahap penyelesaian. Batu alam untuk dinding ini memberikan kesan alami serta tampilannya sangat dekoratif. Alasan itulah yang menyebabkan batu tersebut menjadi sangat populer dalam pembangunan sebuah rumah. 

Batu Alam Untuk Dinding Rumah Recommended
Batu Alam Untuk Dinding Rumah Recommended

Selain jenisnya beragam, cara pemasangannya juga tidak terlalu rumit. Tidak hanya itu saja, akan tetapi batuan ini dapat menghasilkan berbagai jenis pola serta tampilan yang menarik dan artistic dan menjadi elemen penting dalam pembangunan rumah, mulai dari pagar, kamar mandi, taman, sampai dengan pagar rumah.

Macam-Macam Batu Untuk Bangunan Rumah

Meskipun tidak semua bagian rumah bisa menggunakan material batu, seperti halnya dapur atau garasi dimana ruangan tersebut sangat mudah kotor dan sulit dibersihkan. Berikut ini ada beberapa jenis batu dan bisa dijadikan pilihan untuk hunian Anda.

  • Batu Andesit

Batu Andesit merupakan salah satu jenis batu yang paling banyak digunakan. Karena jenis ini memiliki tingkat porositas yang sangat kecil dan memiliki pori-pori yang rapat. Batu ini berasal dari gunung berapi dan banyak dikenal karena warnanya yaitu hitam dan abu-abu. 

Kelebihannya yaitu tahan terhadap lumut, sehingga banyak orang memilih batu tersebut untuk mempercantik bangunan rumahnya. 

  • Batu Marmer

Batu marmer banyak digunakan untuk penutup finishing dinding atau lantai. Harganya dibilang cukup mahal untuk per m2. Akan tetapi Anda tidak akan pernah menyesal ketika melihat keindahannya setelah di pasang, sehingga menghasilkan bangunan rumah yang mewah. 

Akan tetapi perlu Anda ketahui bahwa marmer memiliki sifat yang cukup sensitive ketika perubahan cuaca. Maka dari itu, sebaiknya Anda mengaplikasikan pada area rumah yang tidak terkena panas maupun hujan.

  • Batu Granit 

Granit (Granite) merupakan batu yang sangat populer dan banyak digunakan oleh masyarakat. Granit ini cocok diaplikasikan sebagai bahan pelapis lantai, dinding (wall veneer atau dinding kamar mandi, sehingga menghasilkan suasana yang segar dan alami. Batuan ini memiliki sifat tahan terhadap kondisi suhu tinggi dan membuat batu ini juga banyak diaplikasikan pada permukaan dapur.

  • Batu Candi

Batu candi terkesan sejuk dan alami, maka tidak heran jika keberadaannya sangat diminati masyarakat untuk memperindah bangunan rumahnya. Biasanya di pasaran dijual dalam bentuk lempengan. Batu candi memiliki sifat mudah menyerap air, menjadikan batu ini cocok untuk diaplikasikan sebagai eksterior atau di luar ruangan. 

Agar tidak ditumbuhi lumut biasanya harus dilapisi dengan coating, batuan candi yang sangat populer yaitu Borobudur Jaya.

Baca Juga : Beragam Keindahan yang Bisa Disaksikan dari Pullman Ciawi Vimala Hills Resort

Itulah 4 jenis batu alam untuk rumah yang sangat populer dan paling banyak digunakan masyarakat. Dengan memilih batu yang tepat, maka rumah Anda akan tampil lebih cantik dan indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *