Cara Menyesuaikan Pintu Kamar Mandi Dengan Tepat

arsitekterbaik.com – Ketika kita dalam melakukan renovasi atau dalam proses pembangunan rumah, tentu saja dari keseluruhan segi maupun bagian tidak akan luput dari perhatian. Apalagi pada bagian-bagian tertentu, yang nantinya akan digunakan untuk keperluan pribadi atau keluarga, dan bersifat penting, sehingga membutuhkan perawatan khusus serta secara berkala.

Cara Menyesuaikan Pintu Kamar Mandi Dengan Tepat
Cara Menyesuaikan Pintu Kamar Mandi Dengan Tepat

Salah satu bagian yang menjadi kebutuhan untuk rumah tangga anda adalah kamar mandi. Karena ruang tersebut memang perlu dibuat sedemikian rupa, dengan desain yang berbeda dari ruang-ruang lainnya. Sehingga dibutuhkan pula bahan material khusus untuk setiap bagian-bagiannya, seperti kebutuhan akan model keramik, atau bahkan ukuran pintu kamar mandi yang tepat.

Cara Menyesuaikan Pintu Untuk Kebutuhan Tempat Mandi Dengan Tepat

Kesalahan dalam memilih ukuran penutup ruang mandi memang sering kali menimbulkan polemik, atau bahkan masalah yang kerap menjadikan resah para pemiliknya. Sebagai contoh dari kesalahan yang kerap orang-orang lakukan adalah mengukur gawang pintu, sehingga ukuran pintu yang dipesan tidak sesuai dengan ukuran gawang yang ada.

Walaupun berkesan sepele, namun pembuatan pintu ruang tersebut juga perlu dipertimbangkan dengan baik, mulai dari menentukan ukuran, ketebalan, hingga ketinggian pintu sebelum dibuat sedemikian rupa. Jika mengacu ukuran standar, Pintu ruang mandi setidaknya memiliki tinggi 180 cm dengan lebar kurang lebih 70 cm. 

Lantas mengapa ukuran pintu tersebut lebih kecil jika dibandingkan dengan ukuran pintu-pintu untuk ruang lainnya? Karena ukuran penutup ruang tersebut sudah disesuaikan dengan lebar ruang mandi yang umumnya dibuat tidak terlalu luas dan lebih sederhana. Sebab kamar tersebut pada umumnya hanya membutuhkan ruang yang tidak lebih dari 2 meter x 2 meter.

Walaupun dengan luas yang sedemikian rupa, bukan berarti kita tidak perlu memperhatikan setiap sisi dari ruang kamar tersebut. Justru kita perlu memperhatikan setiap detail pembangunan dan sisi agar mendapatkan sebuah kesan yang pas. Oleh karena itu kita perlu menyesuaikan ukuran pintu tersebut dengan dekorasi dan kebutuhan ruang. 

1. Menyesuaikan Kebutuhan Pintu Dengan Ketersediaan Ruang

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa, kita memerlukan kesesuaian antara kebutuhan pintu dan ketersediaan ruang. Sebagai contohnya jika keadaan kamar mandi dibuat dalam keadaan sempit, maka tidak ada salahnya jika memilih jenis pintu sliding dor dengan panel biasa.

2. Memilih Pintu Dari Kecocokan Material

Umumnya material penutup untuk kebutuhan tempat mandi memang berbeda dengan material pintu pada umumnya. Sebab dari segi keadaan penutup pada kamar mandi akan selalu basah, sehingga dibutuhkan pintu yang tahan dari air. Untuk itu anda bisa menggunakan bahan material PVC atau partikel memiliki tekstur anti air.

3. Mempertimbangkan Tata Letak

Setelah berhasil memilih bahan yang cocok untuk digunakan, selanjutnya kita bisa menentukan tata letak penempatan pintu. Karena hal ini bisa membuat masalah baru. Tepatnya pada saat pemasangan engsel, kusen, atau bahkan pemasangan gagang pintu.

Baca Juga : Hal Yang Harus Diperhatikan Sebelum Membangun Rumah Minimalis

Itulah informasi mengenai cara memilih dan menyesuaikan untuk kebutuhan penutup ruang mandi agar bisa sesuai dengan bentuk, keadaan, serta tata letak ruang. 

Baca Juga:   Cari Tahu Desain Teras Rumah Minimalis yang Cocok Untuk Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *