Desain Konsep Kolam Minimalis Dalam Rumah

arsitekterbaik.com – Pancuran maupun percikan air dalam sebuah tempat, memang merupakan salah satu elemen penting yang bisa membangkitkan suasana ketenangan hati seseorang. Oleh karena itu, tidaklah heran jika ada banyak orang yang lebih memilih untuk menghiasi rumah mereka dengan menambahkan beberapa komponen air. Seperti halnya dengan menambahkan akuarium, maupun kolam untuk ikan.

Desain Konsep Kolam Minimalis Dalam Rumah
Desain Konsep Kolam Minimalis Dalam Rumah

Kolam yang dibuat dalam lingkup area rumah memang memancarkan dekorasi yang sejuk nan indah. Baik itu untuk kebutuhan eksterior maupun untuk kebutuhan interior rumah anda. Namun keberadaan kolam dalam sebuah hunian saat ini memang masih terbilang jarang. Padahal penambahan kolam ikan dalam rumah dapat menambah suasana nyaman, dan ketenangan pada sebuah hunian.

Membuat Kolam Untuk Ikan Minimalis dalam Rumah

Untuk membuat sebuah kolam dengan konsep minimalis, memang dibutuhkan sebuah bentuk dengan fitur yang menonjolkan seni keindahan. Sehingga dengan keberadaan kolam tersebut, anda akan mendapatkan sebuah kenyamanan yang berbeda dari biasanya. Seperti halnya yang sudah dikatakan sebelumnya. Bahwa seni keindahan harus menjadi yang paling utama.

Nah bagi anda yang menginginkan sebuah kolam dalam interior rumah anda. Sebenarnya tidaklah susah untuk anda wujudkan. Karena anda hanya memerlukan sebuah desain konsep yang tepat dengan tempat yang akan anda jadikan sebuah kolam minimalis.Untuk itu anda bisa menggunakan beberapa desain kolamnya yang mungkin bisa sesuai dengan kriteria rumah tersebut.

1. Kolam Bernuansa Alami

Memiliki sebuah lahan yang terbatas sebenarnya bukanlah suatu hambatan untuk bisa memiliki sebuah rumah yang nyaman, dan dilengkapi dengan kolam di dalamnya. Sebab salah satu inspirasi desain kolam minimalis bernuansa alam dalam hunian yang bisa memberikan kesan alami dan natural. Tak lupa dengan adanya tanaman tersebut juga dapat memberikan kesegaran sirkulasi udara pada rumah.

Baca Juga:   Membuat Konsep Dasar Denah Sebuah Rumah Dengan Type 45

2. Kolam Untuk Ikan Terbuka Dalam Hunian

Sebuah lahan sisa pada rumah juga bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan kolam mini loh. Walaupun kola mini terbilang kecil, namun dengan kolam tersebut tentunya dapat memberikan sebuah kesan yang sejuk dan segar pada area tersebut. untuk lebih lengkapnya, anda juga bisa menambahkan rumput sintetis pada sekitaran kolam, agar tampak terlihat alami dan estetis.

3. Kolam Dengan Air Yang Mengalir

Salah satu ide maupun inovasi desain kolam juga dapat anda gunakan untuk kebutuhan kolam pada sebuah hunian adalah konsep air mengalir. Dimana anda bisa membuat kolam lengkap dengan air mengalir dengan bantuan filter. Anda bisa membuat aliran air dengan konsep air terjun atau konsep lain yang bisa mengalirkan air pada kolam.

3. Kolam Untuk Ikan di Sudut Ruang

Untuk membuat kolam minimalis juga bisa anda hadirkan pada sudut ruang yang kosong. Sebab kolam pada bagian sudut justru dapat memberikan kesan yang simple dan rapi. Tak hanya itu pembuatan kolam di bagian sudut ruangan juga dapat memberikan sentuhan kontras yang cantik dan indah untuk ruangan tersebut.

4. Kolam Dengan Taman

Untuk area sisa lahan yang luas, memang cukup baik untuk dibuat kolam dengan ukuran yang luas, sesuai dengan ukuran yang ada. Namun pembuatan kolam dengan ukuran yang sama dengan luas lahan justru lebih berkesan kurang menarik. Kolam akan tampak lebih cantik jika dibuat dalam bentuk minimalis, namun dilengkapi dengan taman yang cukup luas.

5. Kolam Untuk Ruang Kecil

Sebuah ruang yang memiliki ruang terbatas un sebenarnya tetap bisa digunakan untuk keperluan pembuatan kolam. Namun besar kolam perlu menyesuaikan dengan keadaan ruangan. Sebagai contoh, jika ruang hanya berukuran 4×4 meter persegi, anda bisa membuat kolam pada ruang tersebut dengan ukuran sekitar 40 cm x 2 meter saja.

Pembuatan kolam memang tidak harus dibuat pada bagian luar ruangan, buktinya dengan membuatnya di bagian dalam hunian juga bisa memberikan sensasi yang lebih. Terutama untuk keindahan ruangan,  kesegaran sirkulasi udara dalam ruang, atau bahkan untuk memberikan kesan alami pada sebuah ruangan, dengan gemercik air kolamnya yang.

Baca Juga : Membuat Denah Rumah Empat Kamar

Dan itulah beberapa desain konsep kolam ikan dalam rumah yang bisa anda sesuaikan dengan ketersediaan ruang pada hunian anda. Sebab keindahan kolam dalam sebuah ruangan sangat bergantung pada kesesuaian desain konsep kolam dengan posisi ruang itu sendiri.

Baca Juga:   Inspirasi Membuat Kolam Ikan di Halaman Rumah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *