Fakta-fakta Menarik Dari Rumah Gadang, Rumah Adat Sumatra Barat

arsitekterbaik.com – Gadang menjadi salah satu rumah adat Sumatra Barat yang amat sangat populer dan merupakan salah satu destinasi menarik ketika berkunjung ke provinsi tersebut. Bentuknya sangatlah unik, dan memiliki beberapa nilai filosofis yang terkandung di dalamnya.

Filosofi Dibalik Rumah Gadang Rumah Adat Sumatera Barat yang Fenomenal
Filosofi Dibalik Rumah Gadang Rumah Adat Sumatera Barat yang Fenomenal

Tempat ini tidak sembarangan saja dibangun, melainkan pembangunannya dilakukan pada sebuah tanah milik suku atau kelompok tertentu. Atap dari rumah adat Gadang serupa kapal, melengkung ke atas kira-kira setengah lingkaran dan asalnya sendiri dari daun Rumbio. Ada sejumlah fakta menarik tentang rumah Gadang, apa saja faktanya?

Jumlah Kamar Disesuaikan dengan Banyaknya Anak Gadis

Di sini, seluruh anak perempuan akan tidur dalam 1 kamar secara bersama-sama, dan ukurannya sendiri juga disesuaikan oleh jumlah anak yang ada. Apabila jumlah anak perempuan sangat banyak, maka ukuran kamar juga dibuat seluas mungkin.

Bisa Tahan Dari Ancaman Gempa

Salah satu fakta menarik lainnya dari hunian satu ini ialah kenyataan bahwa pondasinya amat kuat dan bisa kebal dari ancaman gempa. Hal itu dikarenakan tiang bangunannya tak pernah menyentuh tanah, melainkan dialasi oleh batu sandi. Batu sandi berfungsi dalam meredam getaran saat terjadi gempa sehingga tak perlu mempengaruhi bagian atas bangunan.

Penggunaan Pasak Sebagai Sambungan

Kebanyakan hunian sekarang menggunakan paku sebagai pengikatnya, tapi beda halnya dengan Gadang yang justru menggunakan pasak sebagai sambungan. Sehingga menjadikan bangunannya punya sifat lebih lentur, karena pasak memang tidak mudah patah. Alhasil bangunannya pun lebih fleksibel ketika getaran gempa terjadi.

Bisa Tahan Dari Ancaman Rayap

Rayap memang jadi musuh utama terutama pada hunian berbahan kayu, tapi nyatanya tidak berlaku bagi tempat tinggal adat Gadang. Sebab, kayu yang menjadi bahan dasarnya direndam terlebih dahulu bersama bahan tertentu selama beberapa tahun sebelum kemudian dipakai. Dengan cara khusus, maka kayu akan jadi lebih kuat dan rayap sama sekali tidak suka dengan kayu tersebut.

Maka ketika Anda menemukan tempat tinggal adat tersebut memiliki usia puluhan hingga ratusan tahun, tidak perlu kaget. Karena memang semua komponennya telah dipikirkan dengan baik sebelum dilakukan pembangunan.

Memiliki Bentuk Seperti Panggung

Tempat tinggal adat berbentuk panggung memang ada pada beberapa provinsi, selain itu biasanya pada bagian bawah juga ada ruang terbuka. Sayangnya pada rumah bersangkutan Anda takkan menemukan ruang terbuka, karena memang biasanya sudah diberi penutup.

Pada dasarnya bagian satu itu biasanya tidak dipakai, tapi semua disesuaikan oleh kebutuhan dari sang pemilik sendiri. Apabila menginginkannya, pemilik bisa menjadikan ruang bawah tersebut sebagai tempat penyimpanan dan sebagainya.

Baca Juga : Berbagai Inspirasi Denah Rumah 3 Kamar Untuk Dijadikan Referensi

Itulah sekelumit fakta menarik yang bisa Anda temukan pada rumah adat Sumatra Barat satu ini. Untuk mengetahui bentuknya lebih lanjut, Anda bisa mencari informasi gambarnya di internet dan tidak perlu jauh-jauh datang ke lokasinya. Sehingga hal ini memudahkan bagi Anda yang merasa penasaran dengan sejarah bangunan tersebut.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *