Faktor dan Tips Model Tangga Rumah Minimalis Elegan dan Profesional

arsitekterbaik.com – Hunian minimalis menjadi idaman banyak orang karena tampilan visualnya elegan serta menarik. Kesederhanaan rancangan model tangga rumah minimalis membutuhkan rancangan, finishing dan instalasi. Hal ini menjadikan desain hunian akurat serta tepat menciptakan hasil tidak ada duanya.

Faktor dan Tips Model Tangga Rumah Minimalis Elegan dan Profesional
Faktor dan Tips Model Tangga Rumah Minimalis Elegan dan Profesional

Pertumbuhan hunian masa kini berkembang sangat pesat. Selain itu, pertumbuhannya disertai Rencana matang menghasilkan berbagai pilihan injak-injak sesuai kebutuhan sekaligus rancangan yang diinginkan.

Apa Saja Faktor Penting Model Tangga Rumah Minimalis Elegan

Sebelum melakukan perancangan injak-injak hunian minimalis. Ada baiknya Anda memperhatikan beberapa faktor dalam menentukan pilihan undak-undakan, sehingga Anda bisa mendapatkan hasil sempurna dan sesuai. Berikut beberapa tips memilih model injak-injak diantaranya meliputi:

  • Rancangan Desain

Pemilik hunian perlu menentukan pilihan bentuk maupun desain injak-injak untuk hunian minimalis yang diciptakan sesuai konsep desain tempat tinggal.

  • Penempatan Tangga

Penempatan undak-undakan juga perlu diperhatikan, lebih baik penghuni menempatkannya di area yang mudah diraih dari berbagai pilihan sudut rumah. Hal ini dilakukan dapat mendukung lancarnya pergerakan penghuni.

  • Keamanan

Pemilihan rancangan injak-injakan minimalis perlu kelengkapan safety seperti railing undak-undakan  yang dibuat dari kayu maupun besi. Penggunaan railing bertujuan melakukan antisipasi sekaligus terhindar dari kemungkinan kecelakaan seperti terjatuh dari tangga seperti anak kecil.

  • Mutu Anak Tangga

Kualitas  mempunyai peran penting pada model undak-undakan minimalis yang dipakai. Hal tersebut dapat menentukan ketahanan bangunan. Sebaliknya, pemilik hunian dapat memakai bahan bangunan dengan kualitas baik agar bangunan dapat bertahan lama.

  • Peralatan Bermutu

Anda dapat menggunakan bahan konstruksi dengan kualitas terbaik agar injak-injakan yang penghuni pilih mempunyai ketahanan lama. Harganya juga sedikit lebih mahal namun kualitasnya tetap menjamin umur bangunan.

Tips Rancangan Model Tangga Elegan

Terdapat beberapa trik yang dapat dilakukan untuk membuat tampilan bentuk tangga menjadi lebih menarik dan elegan. Berikut diantaranya:

  • Variasikan Kelebarannya

Anda bisa mencoba trik ini untuk membuat desain undak-undakan hunian secara kreatif. Kebanyakan injak-injakan pada umumnya mempunyai lebar anak injak-injak yang sesuai. Tetapi, penghuni perlu mempertimbangkan membuat undak-undakan dengan ukuran lebar bervariasi dan terhubung rak di area mezanin untuk memberikan pola menarik.

Penghuni menginginkan desain berbeda? perlu pertimbangan undak-undakan di ruang minimalis dengan pola unik secara tegak lurus apabila Anda mempunyai tempat tinggal berukuran kecil.

  • Kreasi dengan Railing

Tidak ada aturan yang menunjukkan bahwa railing undak-undakan perlu dipasang sehaluan dengan tangga. Pilar besi tegak lurus tersebut dapat meningkatkan safety railing serta mengasilkan tampilan visual. Anda dapat mendesain railing sekreatif mungkin.

  • Pasang Dinding Parapet

Anda bisa menempelkan undak-undakan ke dinding pembatas atau prapet untuk meningkatkan keamanan maksimal. Tambahan ornamen pada pembatas atau prapet merupakan tambahan unik. Fungsinya sebagai penjaga agar ruang tidak memiliki kesan sempit.

Baca Juga : Keunikan Rumah Gadang sebagai Rumah Adat Suku Minang

Salah satu faktor untuk memberikan kesan model tangga rumah minimalis adalah membuat undak-undakan kian unik dan modern. Tidak hanya dijadikan sebagai penghubung di setiap lantai pada rumah bertingkat. Penggunaan injak-injakan juga memiliki kegunaan untuk meningkatkan keindahan interior.

Baca Juga:   Hunian Berlahan Sempit Cocok dengan 6 Desain Model Tangga Rumah Minimalis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *