Kenali Tipe Sederhana Denah Rumah Type 45, 36 dan 60

arsitekterbaik.com – Kategori tempat tinggal sederhana terdapat denah rumah type 45, 36  juga 60. Sedangkan  bangunan tersebut adalah sebuah bangunan dengan lantai satu,  berfungsi untuk melindungi diri sendiri maupun keluarga dan sebagai naungan pada keadaan alam sekitar. Sedangkan di dalamnya tidak ada unsur kemewahan.

Kenali Tipe Sederhana Denah Rumah Type 45, 36 dan 60
Kenali Tipe Sederhana Denah Rumah Type 45, 36 dan 60

Meskipun tidak ada kemewahan dalam gambaran hunian tipe tersebut tetap saja dari segi keindahan atau estetikanya sangat diperhatikan dalam desainnya. Untuk penanaman pada jenis rumah yang dipasarkan dalam bentuk perumahan umumnya berdasarkan beberapa aspek. Seperti luas tanah beserta bangunan.

Mengetahui Tipe dan Nama Perumahan

Sebuah nama atau jenis rumah yang biasa anda temui terkadang memiliki sebutan unik. Hal ini sengaja dibuat oleh segelintir pengembang bangunan itu sendiri guna menjadi trik pemasaran. Karena itu sering dijumpai seperti penamaan benda, bunga, planet dan lainnya. Hal demikian biasanya juga berguna agar masyarakat bisa lebih mudah mengingatnya.

Sedangkan tipe kategori sederhana terdapat tiga jenis  yang berbeda-beda baik dari segi bentuk maupun ukuran. Jika anda hendak memilih sebuah hunian, bisa melihat referensi berikut ini sebagai gambaran perkiraan tempat tinggal.

  • Hunian type 36

Bangunan tersebut memiliki luas kisaran 36 meter persegi. Seperti pada contoh desain  ukuran 6 meter pada sisinya. Tempat tinggal  jenis tersebut bisa dibangun di atas lahan seluas 60 m² ataupun lebih yaitu 72 m². Umumnya disebut  36/60 juga 36/73. Di dalamnya terdapat beberapa ruangan.

Misalnya 2 buah kamar tidur, satu ruang multifungsi seperti ruang tamu, keluarga. Kemudian terdapat dapur serta sebuah kamar mandi. Hunian jenis ini cocok untuk penghuni dengan anak namun tidak ingin rumah terlalu besar atau mewah. 

  • Tipe 45

Sedangkan pada jenis 45 merupakan bangunan seluas 45 meter persegi. Biasanya terdapat pada ukuran sisi 6 meter x 7,5 m ataupun 8 m x 5,6 meter. Umumnya hunian ini berdiri di atas tanah dengan luas 96 m². Karena itulah kerap disebut  45/96. Ruangan yang ada lebih bervariasi lagi lantaran cukup lebar.

Seperti dua kamar tidur dan satu buah kamar mandi, juga ada ruangan berfungsi sebagai tempat keluarga beserta carport. Akan tetapi biasanya terdapat teras cukup luas guna  bersantai. Keberadaan halaman ini bisa anda manfaatkan dengan rancangan tertentu untuk penciptaan taman kecil namun tetap memberikan kesan asri.

Keberadaan ruangan tidak begitu luas membuat penghuni harus pandai menata tata benda seperti kasur, lemari, meja, dan lainnya. Jika dirasa perlu, bisa memanfaatkan jasa desain untuk merencanakan denah tepat.

  • Type 60

Pada bangunan tersebut umumnya memiliki ukuran 6 x 10 m. Di dalam cukup luas sebab terdapat kamar tidur sebanyak 3, kamar mandi satu dan sebuah ruangan berfungsi untuk tamu, keluarga. Juga ada garasi kendaraan beserta teras. Karena itulah untuk jenis tersebut terbilang sangat lega namun  kisaran harga terjangkau.

Baca Juga : Mengetahui Keunikan Rumah Adat Bali

Pada berbagai tipe tersebut khususnya denah rumah type 45 penataannya harus tepat agar nyaman bahkan aman dihuni keluarga.

Baca Juga:   Desain Minimalis Tampak dari Depan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *