Konsep Desain Rumah 1 Lantai untuk Hunian Anda

arsitekterbaik.com – Anda sedang mencari desain rumah 1 lantai? Biasanya, desain ini banyak diincar oleh mereka yang baru saja menikah.

Pilihan rancangan minimalis mempunyai harga cenderung ekonomis, sehingga banyak developer properti berlomba-lomba untuk menciptakan model hunian semacam ini. Tidak hanya itu, jenis rumah ini juga mempunyai banyak pilihan varian. Berikut beberapa konsep bisa menjadi pilihan penghuni:

Konsep Desain Rumah 1 Lantai untuk Hunian Anda
Konsep Desain Rumah 1 Lantai untuk Hunian Anda

Konsep Denah dengan 2 Kamar

Bagi pemilik hunian yang mempunyai lahan dan ukurannya cukup luas di kawasan perkampungan atau tidak berada di area perumahan. Hal ini merupakan salah satu keuntungan besar bagi pemilik tempat tinggal untuk berkreasi dengan lahan yang sudah yang sudah dimilikinya.

Tetapi, penghuni dapat merancang denah rumah 2 kamar 1 lantai menjadi lebih praktis dan ekonomis. Tentunya, hal tersebut bisa pemilik hunian lakukan untuk mengkonsepnya sesuai kebutuhan dan keinginan.

Tentunya, pemilik hunian dapat membuat sketsa sederhana menggunakan pola grid tertentu. Hal ini memungkinkan pihak developer secara vertikal maupun horizontal.

Desain Sederhana Rumah berukuran 6×12

Salah satu jenis desain rumah 1 lantai yang banyak dikembangkan oleh para pengembang adalah rumah minimalis berukuran 6×12. Apabila pemilik hunian memiliki lahan dan ukurannya demikian dan ingin membangun model tempat tinggal modern, nyaman dan sederhana.

Maka pilihan ukuran demikian adalah pilihan terbaik. Tentunya, pilihan rancangan yang sesuai rumah bertipe 45, artinya luasan bangunan memiliki luas kurang lebih 45 meter persegi.

Penggunaan lahan berdasarkan rancangan minimalis 6×12 dianggap ideal untuk bangunan tempat tinggal di perkotaan. Hal tersebut dianggap pasa karena tidak terlalu sempit dan juga terlalu luas. Hal ini dapat berpengaruh pada harga menjadi lebih terjangkau. 

Desain Rumah 3 Kamar

Apabila terdapat anggota keluarga baru dan bertambah makin banyak maupun keperluan lain yang mengharuskan Anda menambah kapasitas kamar. Kemungkinan pemilik hunian juga menginginkan kapasitas ruangan menjadi lebih banyak.

Jika lahan yang penghuni miliki masih cukup maka pemilik tempat tinggal dapat melakukan pengembangan secara horizontal. Anda dapat melakukan pengembangan denah pengembangan denah rumah 2 kamar dengan menggunakan sistem tempat tinggal vertikal.

Apabila pemilik hunian memiliki lahan berukuran sempit dan tidak mungkin mengembangkan secara horizontal. Pemilik hunian dapat memperhatikan untuk melakukan pera ncangan pengembangan secara vertikal.

Oleh karena itu, sejak awal rancangan, pemilik hunian perlu melakukan perencanaan secara matang struktur konstruksi bangunan rumah koko. Hal tersebut memungkinkan pengembangan di hari lain.

Denah Rumah 3 Kamar dengan Ukuran 7×9

Apabila penghuni menginginkan untuk mempunyai rancangan tempat tinggal 2 kamar dengan ukuran 7×9, maka Anda dapat melakukan pengembangan rancangan berdasarkan lahan lebih luas. Anda dapat membuat rancangan hunian 3 kamar berukuran 7×9 untuk 1lantai.

Baca Juga : Kegunaan, Bentuk dan Ketahanan Rumah Adat Suku Minangkabau

Meskipun, salah satu contoh desain rumah 1 lantai 3 kamar berukuran 7×9 jarang ditemui, penghuni bisa melakukan modifikasi dengan memakai beberapa contoh denah berukuran 6×12.

Baca Juga:   Cari Tahu Desain Teras Rumah Minimalis yang Cocok Untuk Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *