Membuat Denah Rumah Empat Kamar

arsitekterbaik.com – Memilih sebuah hunian tetap untuk keluarga tercinta, memang tidak boleh dilakukan secara sembarangan. Karena rumah sendiri yang merupakan salah satu tempat untuk beristirahat, maupun berkumpulnya seluruh anggota keluarga. Maka dari itu, hunian ini harus benar-benar memberikan sebuah kenyamanan kepada para penghuninya.

Membuat Denah Rumah Empat Kamar
Membuat Denah Rumah Empat Kamar

Selain itu pembangunan rumah juga harus disesuaikan dengan jumlah anggota keluarga yang ada. Sehingga semua fasilitas yang ada di dalam rumah tersebut tidak kurang, Sebagai contohnya adalah ketersediaan kamar yang cukup untuk semua anggota keluarga anda. Sebab dengan jumlah kamar yang lebih, maka anda akan lebih mudah dapat mengatur privasi dalam keluarga.

Memilih Desain Rumah Dengan 4 Kamar di Dalamnya

Memilih sebuah hunian rumah dengan 4 kamar tidur memang menjadi salah satu pilihan yang efektif. Walaupun dengan jumlah tersebut termasuk dalam jumlah yang ekstra. Namun dengan jumlah ini justru dapat membawa dampak baik untuk keluarga anda. Diamana selain untuk menunjang kebutuhan ruang untuk setiap anggota keluarga anda. 

Kamar tersebut juga bisa digunakan untuk para tamu atau saudara yang ingin berkunjung atau bahkan menginap di rumah 4 kamar tersebut. Namun untuk membuat denah rumah 4 kamar ternyata tidaklah mudah untuk bisa dilakukan. Sebab perancangan sebuah denah tersebut diperlukan tata letak yang pas agar bisa mendapatkan sebuah hasil yang maksimal.

Disamping itu, sebuah bangunan yang memiliki lebih banyak kamar juga akan membutuhkan lebih banyak dinding. Hal inilah yang perlu diperhatikan, karena dinding yang terlalu banyak dapat memberikan kesan yang sempit. Oleh karena itu setidaknya ada beberapa denah yang bisa anda pergunakan sebagai referensi pembuatan rumah dengan 4 kamar seperti halnya berikut ini.

Baca Juga:   Konsep Desain Rumah Tipe 45

Membuat Denah Rumah Dengan 3 Pembagian Area

Membuat hunian dengan sebuah konsep denah yang terbagi atas 3 area, memang bisa dibilang cukup baik. Mengingat setiap bagian tertentu akan dikelompokkan berdasarkan fungsi atau kegunaannya. Konsep ini dibuat dengan tempat tidur yang bisa dibuat di area samping kiri dan kanan ruang tamu. Sementara dapur sendiri bisa dibuat terhubung langsung dengan tempat makan atau ruang tamu.

Dengan kondisi ini, penataan denah akan terasa tepat, karena dalam hunian yang terbatas sekalipun bisa dikondisikan sesuai dengan denah tersebut. penempatan kamar tersebut diantaranya 2 ruang di sebelah sisi kiri, dan dua bagian lainnya yang berada di sisi kanan. Sementara untuk membuat denah tersebut, kita bisa memulainya dengan membagi luas tiap ruangan terlebih dahulu.

1. Denah Empat Kamar dengan Lorong

Hampir sama dengan denah sebelumnya yang sama-sama mengelompokkan beberapa area. Namundesain ini tidak membutuhkan pemisahan area untuk ruang kamarnya. Dimana kamar yang akan dibuat diletakkan dalam 1 lorong jalan yang saling berhadapan. Yakni 2 kamar di samping kiri, dan 2 kamar lagi di sebelah samping kanan lorong.

Sementara untuk keperluan ruang lain, anda bisa meletakkannya pada bagian depan. Sebagai contohnya adalah dapur yang bisa dibuat di samping ruang tamu. Intinya anda bisa megarahkan area depan hunian untuk dijadikan area fungsional yang bisa tetap terlihat lega. Tanpa mengurangi keindahan tatanan pada ruang tersebut.

2. Denah Empat Kamar Pada Bagian Lantai 2

Jik anda memiliki luas lahan yang terbatas, namun memiliki jumlah anggota keluarga yang banyak. Dan mengharuskan anda untuk mempunyai ruang tidur yang banyak pula. Maka tidak perlu khawatir, karena desain ini bisa dibuat untuk 4 kamar tidur dengan sebuah lahan yang terbatas. Lantas bagaimana cara membagi setiap ruang, termasuk keempat kamar tersebut?

Keempat kamar tidur tersebut bisa anda letakkan pada bagian atas, atau di lantai 2 hunian. Sehingga pada bagian lantai atas bisa anda khususkan untuk pembangunan kamar saja. Dan sedangkan pada bagian lantai bawah, bisa anda buat ruang fungsional lain seperti ruang tamu, dapur, kamar mandi, ruang santai keluarga, dan beberapa ruang lainnya.

Baca Juga : Membuat Konsep Dasar Denah Sebuah Rumah Dengan Type 45

Itulah beberapa denah rumah 4 kamar yang bisa anda pergunakan sebagai denah calon hunian rumah anda. dari ketiga denah tersebut, anda bisa memilih salah satu yang sekiranya sesuai dengan kebutuhan keluarga anda. 

Baca Juga:   Memilih Konsep Desain Rumah Minimalis Dua Lantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *