Membuat Konsep Dasar Denah Sebuah Rumah Dengan Type 45

arsitekterbaik.com – Membangun hunian pada sebuah lahan yang terbatas, memang sudah bukan lagi menjadi sebuah masalah. Sebab di era yang serba modern ini, kita dapat memuat rumah berkonsep minimalis, namun mengusung tema modern. Sehingga dari segi tampilan desain hunian tidak akan kalah dengan hunian-hunian lainnya.

Membuat Konsep Dasar Denah Sebuah Rumah Dengan Type 45
Membuat Konsep Dasar Denah Sebuah Rumah Dengan Type 45

Disamping itu, walaupun hunian tersebut berkesan minimalis, namun kelengkapan ruang dalam hunian tetap diprioritaskan. Mulai dari ketersediaan sebuah ruang tamu, ruang keluarga, kamar tidur, dapur, kamar mandi, toilet, dan beberapa keperluan ruang lainnya. Nah bagi anda yang menginginkan keperluan hunian tersebut, maka ada baiknya untuk memilih denah rumah type 45.

Membuat Denah Untuk Rumah Type 45

Type rumah 45 sendiri merupakan salah satu desain yang menjadi incaran banyak orang, sama halnya dengan type 36. Dengan luas bangunan yang cukup, harga yang dipatok pun juga masih terbilang cukup terjangkau untuk masyarakat kalangan menengah ke bawah. Bahkan rumah ini juga cocok digunakan oleh para pasangan pasutri yang baru saja menikah.

Seperti halnya dengan namanya, rumah tipe ini umumnya dibuat dengan dimensi luas sekitar 45 meter. Sebagai contohnya rumah ini dibuat dalam 8 x 5,6 meter persegi dan 6 x 7,5 meter. Sementara dari luas lahan yang ada bisa saja berbeda-beda. Tergantung dari keadaan lahan maupun kondisi dari lahan yang akan digunakan untuk kebutuhan hunian tersebut.

Mengingat rumah type ini memang mengacu pada luas bangunan, yang biasanya tidak lebih dari 45 meter persegi saja. Namun ukuran ini sudah dinilai ideal untuk keluarga kecil untuk 4 orang anggota keluarga. Jika anda tertarik dengan hunian tersebut, berikut ini beberapa referensi denah untuk rumah dengan type jenis 45.

Referensi Denah Untuk Rumah Nomor 45

1. Denah Minimalis Dengan Dua Kamar Tidur Berdampingan

Dari berbagai rumah jenis 45, memang sengaja dibuat tidak terlalu banyak menggunakan kamar tidur. Mengingat hunian ini hanya ditujukan untuk keluarga yang berjumlah kurang dari 5 orang saja. Denah ini bisa dibuat simple walau hanya menggunakan lahan yang terbatas. Karena kedua ruang kamar tidur akan diletakkan di berdampingan, sehingga dapat menghemat tempat pembagian ruang lainnya.

Baca Juga:   Ini Dia Beberapa Inspirasi Denah Rumah Minimalis 3 Kamar Untuk Anda

2. Denah Dengan Konsep Ruang Tamu Yang Dibuat Melingkar

Salah satu desain konsep unik yang bisa digunakan untuk kebutuhan rumah minimalis adalah ruang tamu yang dibuat sesimple mungkin. Hal ini diperlukan untuk penghematan ruang. Konsep ruang tamu yang dibuat kotak memang lebih memakan banyak tempat. Namun dibuatnya melingkar di bagian depan, justru dapat memberikan penghematan ruang yang efektif.

3. Konsep Dua Lantai Untuk Lahan Terbatas

Bagi anda yang menginginkan ruangan yang luas namun terhambat dengan luas lahan yang terbatas, maka bisa menggunakan konsep rumah minimalis dua lantai. Cara ini sudah banyak dipakai oleh banyak orang, mengingat lahan yang mereka miliki sangat terbatas. Alhasil menggunakan konsep rumah dua lantai untuk lahan terbatas menjadi solusi yang pas untuk kurangnya kebutuhan ruang tersebut.

Dari ketiga konsep tersebut anda bisa memilih salah satu desain yang menurut anda sangat pas dengan kriteria maupun kebutuhan hunian untuk keluarga anda. Untuk memantapkan keinginan anda dalam membangun rumah nomor 45, berikut ini ada beberapa informasi mengenai keunggulan yang dimiliki oleh jenis hunian bertype 45. Berikut detailnya!

Kelebihan Hunian Rumah Dengan Nomor 45

1. Setiap Area Atau Ruang Lebih Dibuat Fungsional

Jangan salah, dengan konsep rumah minimalis yang terbilang sempit, justru memiliki keunggulan yang lebih. Sebab hampir semua area dalam rumah sudah dibuat fungsional. Keunikan setiap ruang yang ada di dalamnya memang sangat terlihat jelas,  dimana setiap area dapat digunakan untuk berbagai aktivitas sesuai dengan kebutuhan.

2. Merupakan Konsep Hunian Yang Asri

Walaupun hanya berdasar pada desain arsitektur yang standar, rumah dengan type tersebut biasanya lebih dibuat terbuka. Dan mayoritas para pengembang juga menyediakan sebuah taman untuk desain rumah tersebut. Dan Hal inilah yang menjadi keunggulan dari rumah tersebut. Karena dengan taman yang ada di area luar atau dalam rumah, tentu dapat memberikan kesan yang asri pada sebuah hunian.

Baca Juga : Mengenal Lebih Jauh Karakteristik Rumah Adat Bali

Itulah beberapa konsep desain dari denah rumah type 45 yang bisa anda gunakan untuk referensi pembangunan rumah untuk keluarga anda.  sehingga anda bisa mendapatkan referensi yang menurut anda bisa pas dan dapat sesuai dengan kebutuhan keluarga tercinta.

Baca Juga:   Cari Tahu Desain Teras Rumah Minimalis yang Cocok Untuk Hunian

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *