Mengenal Beberapa Rumah Adat Yang Ada Di Pulau Jawa

arsitekterbaik.com – Indonesia negara yang kaya akan keanekaragaman suku, budaya, Bahasa, maupun adat yang sudah menjadi bagian dari kebudayan negara kita. Namun salah satu keanekaragaman budaya indonesia yang menjadi daya tarik banyak orang sampai saat ini adalah rumah adat atau rumah tradisional. Mengingat rumah tersebut saat ini semakin dikenal, karena keberadaannya yang semakin sedikit.

Mengenal Beberapa Rumah Adat Yang Ada Di Pulau Jawa
Mengenal Beberapa Rumah Adat Yang Ada Di Pulau Jawa

Namun jika ditelusuri secara mendalam, indonesia sendiri sebenarnya memiliki banyak sekali jenis rumah tradisional. Dimana dari keseluruhan rumah yang ada juga memiliki ciri khasnya yang berbeda-beda. Hal ini memang sudah sepantasnya masuk ke dalam nilai-nilai budaya indonesia yang sangat kaya raya. Oleh karena itu kita sebagai generasi penerus bangsa, sudah sepantasnya untuk melestarikannya.

Mengenal Lebih Jauh Tentang Rumah Tradisional Pulau Jawa

Mungkin ada banyak orang yang belum tahu, bahwa suku adat di wilayah jawa, memiliki gambar rumah adat jawa yang berstruktur hierarki. Yang biasa tercermin dan dominan pada sebuah bentuk atap rumah. Namun tahukah anda bahwa hunian adat pulau jawa rata-rata memiliki tata letak yang sama. Namun perbedaan bentuk atap ditentukan sesuai kondisi maupun ekonomi dari kepemilikan sosial.

Bahkan proses pembuatan rumah atau hunian tradisional jawa juga tidak dilakukan secara sembarangan. Yang mana harus diperhitungkan terlebih dahulu sebelum dilakukan proses pembuatannya. Bahkan arah, tata letak, posisi, bentuk, kerangka, maupun ukuran dari setiap bangunan juga harus diperhitungkan terlebih dahulu secara matang.

Namun dalam setiap perkembangan zaman, rumah tradisional jawa mulai dipengaruhi oleh kemajuan jaman yang ada. Namun jika dilihat dari perbedaannya dari setiap rumah jawa yang ada. Bagian atap rumah tersebut dapat dibedakan menjadi beberapa bagian. Seperti halnya rumah joglo, penggape, limasan, hingga tanjung dan kampung.

Baca Juga:   Rumah Gadang, Rumah Adat Minangkabau Yang Menjadi Perhatian Dunia

Beberapa Rumah Tradisional Yang Ada di Pulau Jawa

1. Rumah Badui

Rumah badui merupakan salah satu rumah adat tradisional asli dari pulau jawa, yang berasal dari provinsi banten. Rumah ini dapat kita jumpai tepatnya pada daerah kanekas kabupaten lebak Banten. Sebab daerah tersebut merupakan sebuah kawasan dimana suku badui tinggal bermasyarakat sampai saat ini. Dan keberadaanya menjadi salah satu suku yang masih ada hingga saat ini di tanah jawa.

2. Rumah Joglo Jogja

Rumah joglo memang sudah menjadi hunian yang paling dikenal oleh masyarakat luas di wilayah jawa. Bagaimana tidak? Rumah ini masih banyak digunakan oleh banyak orang, terutama untuk kebutuhan dalam membangun hunian tetap keluarga. Namun rumah joglo dari jawa tengah dan jawa timur juga memiliki sedikit perbedaan yang nyata..

3. Rumah Joglo Jawa Tengah

Selain rumah joglo jogja, ada pula joglo dari jawa tengah. Hunian adat satu ini memang cukup berbeda dengan hunian adat dari daerah daerah istimewa Yogyakarta. Karena dari beberapa hunian adat joglo yang ada di pulau jawa, rumah ini menjadi salah satu hunian adat tertinggi status sosialnya berdasarkan kepemilikannya.

4. Joglo Jawa Timur

Tak hanya di daerah jawa tengah dan daerah istimewa Yogyakarta saja, provinsi jawa timur sendiri juga memiliki rumah adat joglo, yang hampir memiliki kesan yang sama dari karakteristik maupun arsitektur rumahnya. Walaupun hampir dari keseluruhan bentuknya sama, namun rumah tradisional khas jawa timur tetap memiliki khasnya yang berbeda.

1. Rumah Kasepuhan

Rumah kasepuhan adalah salah satu rumah jaman dulu asli dari dari provinsi jawa barat. Rumah adat ini memang tidak cukup jarang dijumpai untuk area perkotaan, karena lebih banyak dijumpai untuk wilayah-wilayah seperti pedesaan. Sebab dari perkembangan rumah tersebut di era modern ini lebih banyak di wilayah tersebut.

2. Rumah Kebaya

Rumah kebaya merupakan salah satu hunian adat asli dari suku Betawi, yang berasal dari daerah Ibukota Indonesia yakni DKI Jakarta. Rumah ini memiliki ciri khasnya yang berbeda dengan rumah pada umumnya. Karena menggunakan teras depan yang luas untuk digunakan sebagai tempat berkumpulnya bersama keluarga.

Itulah beberapa gambaran rumah adat jawa yang masih ada sampai saat ini di pulau jawa. Dari berbagai hunian tradisional yang ada, keberadaan hunian tersebut memang semakin berkurang. Mengingat perkembangan zaman modern saat ini yang lebih banyak dipilih oleh masyarakat luas.

Baca Juga:   Mengenal Sedikit Tentang Gambar Rumah Adat Jawa yang Perlu Anda Pahami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *