Mengenal dan Mengetahui Lebih Dalam Tentang Gambar Rumah Adat Sumatera Barat

arsitekterbaik.com – Sumatera Barat merupakan salah satu provinsi Indonesia yang mempunyai banyak sekali keunikan baik segi wisata maupun tradisi dan budayanya. Salah satu yang terkenal dari provinsi ini hingga sekarang adalah rumah Gadang. Ketika mengakses internet, Anda bisa menemukan banyak sekali gambar rumah adat Sumatera Barat bertebaran.

Filosofi Dibalik Rumah Gadang Rumah Adat Sumatera Barat yang Fenomenal
Filosofi Dibalik Rumah Gadang Rumah Adat Sumatera Barat yang Fenomenal

Kebanyakan orang memang sering menyebutnya rumah Gadang, tapi ada juga julukan lain masyarakat sekitar yakni rumah Baanjuang atau Bagonjong. Membangun hunian tersebut juga tidak bisa sembarangan, karena tempat tinggal yang satu ini dibangun dengan tanah milik keluarga sebuah suku atau kelompok tertentu dan tentunya dilakukan secara turun-temurun.

Fakta Tentang Rumah Gadang yang Unik dan Menarik

Ada sebuah fakta menarik dari bangunan Baanjuang, yaitu jumlah kamar bergantung dengan jumlah perempuan yang tinggal di dalamnya. Selain itu, fungsinya pun tak hanya sebagai tempat tinggal, melainkan juga sebagai tempat untuk melakukan kegiatan musyawarah, pengadaan upacara, ketika terjadi pewarisan nilai adat dan lain sebagainya.

Hunian ini dipandang sebagai tempat suci karena ketika memasukinya harus melakukan tata krama tertentu, seperti misalnya mencuci kaki terlebih dahulu. Bentuk tempat tinggalnya memang sangatlah unik, sebab untuk atapnya melengkung ke atas setengah lingkaran dan bahannya memakai daun Rumbio.

Saat membicarakan rumah Baanjuang, maka otomatis yang terpikir dalam benak tentunya bentuk atap, yang disebut dengan atap gonjong. Atap gonjong bisa dibilang sudah jadi ciri khas pada hunian di Minangkabau, meskipun gayanya sudah modern sekalipun. Atap gonjong dulunya memang terbuat dari bahan ijuk, hingga sampai saat era modern akhirnya diganti dengan seng.

Kekuatan Ketika Terjadi Gempa

Ada satu hal menarik lain dari tempat tinggal satu ini, di mana konon bangunannya memang tahan terhadap gempa bumi. Bahkan hingga kekuatan 8 skala richter. Meski diguncang, tetap saja bangunannya tetap stabil karena mempunyai daya lentur dan solidaritas ketika guncangan terjadi. 

Hal tersebut pastinya tak luput karena pasak sambungan yang digunakan sebagai pengikat bangunan ini, bukan hanya paku belaka. Bahkan bisa dikatakan bahwa kaki bangunannya sama sekali tidak pernah menyentuh tanah, sebab tapak tiangnya pun dialasi menggunakan batu sandi. Fungsi batu sandi tersebut ialah sebagai peredam gelombang getaran dari tanah, sehingga sama sekali tidak mengganggu komponen atasnya.

Saat gempa bumi terjadi, maka bangunan satu ini hanya akan bergoyang mengikuti gelombang getaran. Selain itu, terdapat pernyataan oleh ahli konstruksi ternama bahwa bangunannya memang lebih maju ratusan tahun apabila dibandingkan dengan konstruksi di dunia pada zaman dulu.

Baca Juga : 10 Hiasan Dinding Ruang Tamu yang Bisa Anda Pilih untuk Menghias Ruangan

Sekarang sudah tak sulit lagi untuk mengetahui bentuk dari bangunan tempat tinggal adat, karena gambar rumah dari Sumatera Barat ini bisa kamu temukan di internet, tak perlu lagi jauh-jauh datang ke lokasinya.

Baca Juga:   Mengenal Beberapa Rumah Adat Yang Ada Di Pulau Jawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *