Mengetahui Keunikan Rumah Adat Bali

arsitekterbaik.com – Para masyarakat asli Bali mempercayai bahwa mereka hidup di dunia ini membawa tujuan untuk berbuat kebaikan. Jika hal positif itu diterima oleh kepercayaan mereka maka dirinya akan menjadi satu dengan alam semesta dan dewanya. Tetapi jika membuat kesalahan akan bereinkarnasi kembali untuk membersihkan dosa. Inilah menjadi salah satu konsep keunikan rumah adat Bali.

Mengetahui Keunikan Rumah Adat Bali
Mengetahui Keunikan Rumah Adat Bali

Konsep tersebut bernama kosmologi yang dianut oleh para arsitektur Bali. Karena itulah hunian adat Bali biasanya berdasarkan dengan harmoni juga keselarasan dalam kehidupan. Sebab jika mereka melakukan kesalahan akan mengalami reinkarnasi yaitu hidup kembali untuk membersihkan dosanya sampai Tuhan terima.

Mengenal Uniknya Arsitektur Bali

Bentuk arsitektur tradisional yang ada di daerah ini, bisa anda artikan sebagai tata ruang wadah kehidupan bermasyarakatnya dengan perkembangan secara turun temurun serta berbagai macam aturan. Aturan tersebut sudah ada dan diwariskan dari zaman dahulu dan masih ada sampai saat ini. Gaya bangunannya merupakan vernacular sebagai hasil desain menggunakan bahan lokal.

Tak hanya sebagai bahan membangun rumah, hal ini juga akan membentuk struktur bangunan serta sebagai cerminan tradisi lokal yang ada. Tradisi dari Hindu Bali beserta unsur dalam Jawa kuno turut mempengaruhi arsitektur bangunan dan sering digunakan dalam rumah. Adapun bentuknya berupa kayu kelapa, jati, batu, bata, bambu ataupun atap jerami.

Tiap desain  mempunyai karakteristik budaya kuno beserta kesenian dalam elemennya. Semua itu tak terlepas dari tentang keberadaan manuskrip agama Hindu yang memiliki nama Lontar Asta Kosala Kosali. Di dalamnya termuat berbagai aturan akan pembangunan rumah ataupun puri juga peraturan pembuatan pura yaitu tempat ibadah.

Asta Kosala Kosali terdapat aturan akan pembangunan suatu rumah diharuskan untuk ikut pada peraturan tentang anatomi tubuh dari pemilik itu sendiri. Juga dibantu pedande yaitu undagi berupa orang suci sebagai pihak yang membantu proses pembuatan baik tempat tinggal ataupun pura ibadah.

Sedangkan hal yang ada dalam desainnya itu berdasarkan sesuai agama Hindu, hubungan sosial  sifat komunal juga organisasi pada ruang. Sebuah bangunan berupa rumah ataupun vila di daerah ini dirancang bahkan dibangun berpusat pada 7 filosofi. Seperti Tri Harta Karana berarti menciptakan keseimbangan beserta harmoni dari tiga unsur kehidupan. 

Lalu ada Tri Mandala berarti aturan tentang pembagian antara ruang serta zonasi. Sedangkan Sangga merupakan seperangkat berisi peraturan hal serupa berdasarkan arah. Untuk Tri Angga merupakan konsep ataupun hierarki di antara perbedaan alam. Filosofi Loka hampir mirip sebelumnya namun terdapat perbedaan.

Baca Juga : Mengenal Beberapa Rumah Adat Yang Ada Di Pulau Jawa

Pada filosofi manuskrip Hindu sendiri terdapat 8 buah pedoman akan desain yang memuat simbol, tahapan, kuil beserta pengukuran. Terakhir ada Arga Segara berarti axis kesucian di antara pegunungan juga laut.

Berdasarkan semua hal berikut maka tak heran jika keunikan rumah adat Bali sangat kental akan keagamaan besarta budayanya.

Baca Juga:   Mengenal Lebih Jauh Karakteristik Rumah Adat Bali

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *