Nama Rumah Adat Betawi dan Filosofi yang Wajib Anda Ketahui!

arsitekterbaik.com – Kita semua pastinya sudah tidak asing dengan yang namanya rumah adat dari Betawi. Dimana rumah yang satu ini memiliki filosofi yang cukup erat dengan sejarah serta kehidupan. Untuk lebih jelasnya, akan diulas dalam artikel kali ini 

Nama Rumah Adat Betawi dan Filosofi yang Wajib
Nama Rumah Adat Betawi dan Filosofi yang Wajib

Setiap daerah yang ada di negara Indonesia sudah pasti memiliki keunikan dan ciri khas sebagai simbol budaya yang menggambarkan daerah tersebut. Ciri khas itu bisa dari bentuk kesenian, rumah hingga makanan khas. Salah satu contohnya yaitu nama rumah adat Betawi yang hingga kini masih sanga dikenal semua warga negara Indonesia.

Sejarah Rumah Betawi 

Dibalik dari bentuk bangunan dan ornamennya, rumah betawi juga memiliki makna filosofi yang sangat erat dan berhubungan dengan sejarah serta kehidupan masyarakat dulu. Rumah ini dikenal dengan sebutan rumah kebaya.  

Sebelum membahas lebih jauh mengenai rumah yang satu ini. Sebaiknya Anda mengetahui sejarah keberadaan rumah tersebut di dalam masyarakat betawi pada jaman dahulu. Hal ini sangat erat hubungannya dengan asal usul dari rumah tersebut. Kata betawi berasal dari bahasa Batavia, dimana merupakan sebutan dari nama Jakarta pada waktu dulu.

Betawi yaitu salah satu dari etnis di Indonesia yang keberadaannya muncul setelah dilakukan sensus penduduk ketika Kolonial Belanda pada tahun 1930. Etnis betawi didefinisikan sebagai warga yang bertempat tinggal di Kota Jakarta. 

Asal usul dari etnis tersebut sebenarnya merupakan suatu gabungan dari beberapa suku yang ada di Indonesia, seperti halnya suku Jawa, Bali, Sunda dan juga Makasar yang pada awalnya didatangkan dari pemerintahan Belanda. Hasil dari pernikahan antar suku tersebut yang kemudian mendiami Jakarta menjadi cikal bakal dari masyarakat Betawi.

Rumah Betawi ini sendiri sebagai akulturasi budaya dari seluruh masyarakat yang sudah pernah tinggal di Jakarta. Pengaruh ini berasal dari budaya lokal dan juga internasional. Budaya lokal sendiri terdiri dari budaya Sunda dan Jawa. Hal ini terlihat dari segi bentuk rumah unik ini hampir menyerupai rumah Joglo khas Jawa Tengah. 

Sedangkan pengaruh internasionalnya yaitu datang dari Cina, Arab dan juga Eropa. Dalam hal ini terlihat dari segi ornamen-ornamen bentuk rumah, seperti pada jendela dan juga pintu.

Inspirasi Teras dari Rumah Betawi

Rumah asal betawi ini memang memiliki karakteristik yang sangat khas, bisa Anda lihat dari bentuk teras rumah yang memiliki ukuran luas. Teras ini dibuat khusus untuk menjamu tamu yang datang. Selain itu, biasanya juga digunakan sebagai tempat untuk bersantai untuk keluarga. Hal ini sangat berbeda dengan rumah modern, dimana di dalam rumah selalu dibuat ruang keluarga yang dijadikan sebagai tempat berkumpul anggota keluarga.

Baca Juga : Banyak Manfaat Menyewa Tenda Roder Untuk Keperluan Acara dan Event

Sangat berbeda dengan orang betawi yang sengaja membuat tempat untuk kumpul keluarga berada di teras rumah. Bahkan teras rumah ini dijadikan sebagai tempat favorite keluarga dan menjadi tempat untuk bersenda gurau.  Itulah sedikit pengetahuan mengenai nama rumah adat Betawi yang harus Anda ketahui.  

Baca Juga:   Fakta-fakta Menarik Dari Rumah Gadang, Rumah Adat Sumatra Barat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *