Rumah Gadang, Rumah Adat Minangkabau Yang Menjadi Perhatian Dunia

arsitekterbaik.com – Negara kebanggaan kita Republik Indonesia, memang memiliki banyak keanekaragaman suku dan budaya yang tidak ada duanya. Tak hanya dari suku dan budayanya saja, tetapi Indonesia juga memiliki masyarakat dari berbagai ras, agama, etnis, dan daerah dengan khasnya yang berbeda-beda. Namun suatu kebanggaan bagi kita lahir di tanah tercinta.

Rumah Gadang, Rumah Adat Minangkabau Yang Menjadi Perhatian Dunia
Rumah Gadang, Rumah Adat Minangkabau Yang Menjadi Perhatian Dunia

Karena kita bisa hidup berdampingan, rukun, aman, dan damai dengan berbagai perbedaan di dalamnya. Salah satu keunikan yang ada pada negara indonesia adalah budayanya. Dimana kita bisa menemukan banyak sekali budaya yang berbeda di setiap daerahnya. Seperti halnya rumah adat yang sudah ada di wilayah Sumatera Barat. Rumah ini sering kali disebut sebagai rumah gadang khas Minangkabau.

Mengenal Lebih Dalam Tentang Rumah Gadang Dari Minangkabau

Siapa yang tidak kenal dengan Minangkabau, yang merupakan salah satu kelompok etnis yang sudah lama ada di nusantara. Dengan khas rumah adatnya yang mungkin tidak ada duanya. Rumah gadang umumnya juga sering disebut sebagai rumah Bagonjong atau rumah Baanjuang. Sebutan ini diambil dari bagian atap rumah yang agak sedikit berbeda dengan rumah-rumah pada umumnya.

Yakni memiliki bentuk bergonjong runcing yang menjulang pada bagian atas. Bahkan bangunan ini sering disebut-sebut sebagai tipe arsitektur yang inspiratif dan unik untuk ukuran sebuah rumah. Rumah Bagonjong sendiri juga sengaja dibuat panggung, untuk menghindari hewan-hewan liar. Dari segi fungsinya, biasanya rumah tersebut lebih dipergunakan untuk kegiatan musyawarah.

Namun salah satu bagian pada rumah ini yang banyak membuat orang terkesan adalah di bagian atap. Sebab keseluruhan dari atap rumah tersebut murni hanya menggunakan bahan ijuk.  Sedangkan bentuk runcing seperti tanduk yang menjulang tersebut memiliki makna kemenangan suku minang, atau perlombaan adu kerbau yang ada di pulau jawa.

Yang tidak kalah menarik dengan rumah ini adalah, keseluruhan bangunan yang tidak menggunakan paku sama sekali. Sebagai gantinya masyarakat setempat menggunakan masyarakat setempat menggunakan alat menyambung yang disebut pancang. Dan alat tersebut juga murni hanya terbuat dari bahan kayu. Sedangkan pada bagian dinding rumah terlihat dipenuhi dengan ukiran-ukiran yang indah.

Motif dari ukiran yang ada pada dinding tersebut biasanya bertema flora maupun fauna, melainkan bukan untuk sekedar seni dekorasi saja. Tetapi sebagai simbol dengan makna bahwa masyarakat kedekatan dan keselarasan masyarakat Minangkabau dengan alam di sekitarnya. Dengan ukiran-ukiran yang tertata pada setiap tembok, rumah ini semakin terlihat mencolok dengan gaya khas adatnya.

Baca Juga : Cara Menyesuaikan Pintu Kamar Mandi Dengan Tepat

Itulah informasi lengkap mengenai rumah gadang khas Minangkabau, yang bisa anda lihat di wilayah minag Sumatra Barat. Untuk lebih jelasnya anda bisa berkunjung langsung ke tempat tersebut, karena wilayah adat tersebut masih dibuka hingga saat ini, dan menjadi salah satu tempat rekomendasi destinasi wisata budaya terbaik yang ada di Sumatera barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *