Taman Teras Rumah Minimalis

arsitekterbaik.com – Taman merupakan sebuah area berisikan perpaduan komponen keras (batu-batuan, patung, pot dan lainnya) dan tanaman saling mendukung satu sama lain melalui perencanaan dan  dibuat oleh manusia, sebagai penyegaran dalam dan luar ruangan.

Ragam Inspirasi Untuk Desain Taman Depan Rumah yang Bisa Anda Coba!
Ragam Inspirasi Untuk Desain Taman Depan Rumah yang Bisa Anda Coba!

Taman minimalis depan rumah adalah kebun yang direncanakan dan dibuat di depan yaitu memanfaatkan sisa lahan pembangunan. Pembuatan kebun depan selain mempercantik bangunan juga mempunyai banyak manfaat.

Manfaat Taman Teras 

  • Menyerap Polusi

CO2 atau gas karbondioksida hasil dari pembuangan asap kendaran bermotor dapat diserap oleh tanaman sehingga dapat mengurangi tingkat polusi serta membuat rumah menjadi sehat. Beberapa jenis tanaman yang bisa menyerap seperti bunga flamboyan, bunga kenanga maupun bunga merak.

  • Menyalurkan Hobi 

Hobi merupakan minat sangat luas bukan hanya tentang cara juga gaya hidup, membuat kebun atau bercocok tanam juga merupakan sebuah hobi banyak digemari sebagian orang. Hobi merupakan kegiatan apapun sehingga dapat dikerjakan dengan sepenuh hati serta hobi juga dapat menjadi bisnis atau sumber pemasukan.

  • Menyegarkan Tubuh dan Pikiran

Aktivitas sehari-hari atau pekerjaan membuat tubuh Anda lelah serta membuat pikiran menjadi penat. Dengan adanya kumpulan bunga pada teras rumah Anda dapat menghilangkan kepenatan dengan mendapatkan oksigen yang baik, melihat tanaman hijau atau tempat istirahat dengan meminum kopi atau berbincang – bincang bersama anggota keluarga.

  • Resapan Air Hujan

Taman di teras Anda dapat menyerap air hujan atau sebagai resapan, di kota – kota besar yang tidak memiliki kebun kota menyebabkan resapan air terganggu, terlebih lagi banyak masyarakat tidak bertanggung jawab membuang sampah sembarangan sehingga menyebabkan banjir.

 Cara  Pembuatan Taman Teras Rumah

  • Tentukan Tujuan 

Tentukan tujuan yang akan dibuat sesuai dengan halaman. Desain yang baik akan memberi titik fokus mata orang lain, sehingga membuat orang lewat akan tersenyum.

Anda bisa membuat taman sebagai tempat nyaman untuk bekerja atau memang hanya sebagai tempat bersantai. Hal tersebut pastinya akan memengaruhi bagaimana sejauh mana desain Anda selanjutnya. Ornamen apakah yang akan ditambah maupun seberapa banyak furniture dipajang disana.

  • Beri Batas 

Pada lahan relatif kecil ruang rumput yang digunakan terbatas. Jika ingin memiliki kebun sekaligus ruang rumput sebagai tempat bermain anak-anak. kebun dapat menggunakan properti sepanjang  tepi bangunan serta dekat dengan pondasi sehingga menciptakan visual cukup besar secara total.

  • Sederhana

Dengan lahan kecil buatlah kebun sederhana untuk menghindari lanskap rumit. Misalnya menggunakan pot tanaman ditempel pada dinding hijau dari tanaman pada pot menimbulkan keindahan  serta membuat pandangan lebih hangat, kumpulan pot pada dinding membuat perasaan menjadi tenang saat mereka melewatinya.

Baca Juga :

Taman Minimalis Depan Rumah ternyata mempunyai banyak manfaat sangat penting bagi kehidupan sehari-hari. Pembuatannya tidak perlu tempat luas dengan cara tepat lahan kecil pun bisa menghasilkan kebun bunga sangat indah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *