Tips Membuat Model Teras Rumah Minimalis yang Sejuk

arsitekterbaik.com – Rumah model minimalis identic dengan bentuknya yaitu berupa persegi dengan atap menggunakan dak beton. Meskipun mendapat julukan minimalis, akan tetapi dalam setiap sudut ruangan harus diperhatikan dengan teliti sehingga tidak minim fungsi. Salah satunya yaitu saat membuat model teras rumah minimalis, Anda harus membuatnya teduh sehingga nyaman untuk digunakan ketika bersantai.  

Tips Membuat Model Teras Rumah Minimalis yang Sejuk
Tips Membuat Model Teras Rumah Minimalis yang Sejuk

Selain itu, tempat ini juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat menerima tamu. Letaknya bisanya di depan rumah, samping atau bahkan belakang karena memiliki fungsi sebagai tempat peralihann antara indoor dan outdoor.  Namun dalam artikel kali ini akan diulas mengenai teras rumah untuk menyambut tamu, sehingga letaknya ada di depan rumah.

Cara Membuat Teras Rumah untuk Menyambut Tamu

Sebuah tempat hunian sangat dianjurkan memiliki area hijau kurang lebih 40% dari luas seluruh bangunan. Biasanya area ini digunakan sebagai taman maupun teras. Rumah yang berkualitas adalah sebuah rumah dengan menghadap ke bagian arah timur. 

Alasanya yaitu karena agar mendapat cahaya matahari pada saat pagi hari. Cahaya tersebut sangat bermanfaat untuk masuk ke dalam rumah, teras rumah bahkan dapat menyinari semua tanaman yang ada di halaman. Berikut ini beberapa cara membuat desain teras rumah yang recommended:

  •  Teras berukuran mungil

Salah satu cara yang tepat dalam membuat desain teras yang mungil yaiu dengan menerapkan ceiling berukuran tinggi dengan warna cat putih. Atap berbentuk kerucut menjadi pilihan terbaik karena memberikan kesan yang lebih atraktif. Sedangkan warna putih akan memberikan tampilan ruangan menjadi lebih luas. 

  • Manfaatkan tanaman kaktus untuk di depan teras

Konsep utama dari ruamh minimalis sebenarnya yaitu pada bentuknya yang sederhana. Akan tetapi memiliki bentuk yang mampu memberikan kesan luas dan bisa menyesuaikan fungsinya. 

Maka dari itu tidak perlu menambah banyak ornamen. Material atau warna yang disarankan yaitu kombinasi antara 2 warna dan menambahkan tumbuhan hijau nan simple seperti halnya pohon kaktus. 

  • Teras kayu dengan nuansa alami dan natural

Mengkombinasikan antara dinding bata dengan kayu berwarna putih pada bagian fasad mampu memberikan kesan yang cukup konteporer pada bangunan rumah. Kehadiran warna alami kayu yang terdapat pada teras lantai akan memberikan tampilan yang sejuk. Anda juga dapat menambahkan ornamen tambahan yang berwarna hijau.

  • Lantai 2 dimanfaatkan sebagai kanopi teras bawah

Dalam membuat desain kanopi teras juga akan menambah budget pengeluaran. Maka dari itu, sebaiknya Anda memanfaakan bangunan lantai 2 yang dibuat menjorok keluar sehingga bisa menjadi naungan pada bagian teras rumah di lantai 1. 

  • Ciptakan teras yang mungil

Sebagian besar rumah dikota-kota besar yaitu dibangun 2 lantai. Hal itu dikarenakan luas tanah yang terbatas. Agar rumah terlihat tinggi dan luas, maka Anda bisa menghadirkan permainan menggunakan garis-garis yang jelas pada fasad, tujuannya untuk memberikan efek panjang atau jenjang.

 Baca Juga : Batu Alam Untuk Dinding Rumah Recommended

Dengan mengetahui cara membuat model teras rumah minimalis di atas. Maka Anda akan mendapatkan rumah yang simple nan menarik dan tentunya akan menambah kenyamanan bagi penghuni rumah dan juga orang yang berkunjung ke rumah Anda.

Baca Juga:   Memilih Konsep Desain Rumah Minimalis Dua Lantai

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *